Ibnu Umar r.a meriwayatkan bahwa apabila nabi SAW thawaf di Kabah, beliau berlari lari kecil pada tiga putaran pertama dan berjalan biasa pada empat putaran lainnya. Beliau juga berjalan cepat di Bathn Al- Masil 1) ketka sai antara bukit Shafa dan Marwah ( HR. Bukhari dan Muslim )
 
Ibnu Abbas r.a berkata," Rasulullah SAW dan para sahabatnya datang mengunjungi Ka'bah. Kaum Musyrikin berkata, Sungguh akan datang kepada kalian orang orang yang lemah karena diserang penyakit demam kota Yastrib." Maka nabi SAW memerintahkan para sahabatnya agar berlari-lari kecil pada tiga putaran peratma thawaf dan berjalan biasa antara dua rukun ( Rukun Yamani dan Hajar Aswad ), tidak menghalangi beliau memerintahkan para sahabat berlari-lari kecil untuk semua putaran, selain menjaga kekuatan mereka  ( HR. Bukhari dan Muslim )
 
Ibnu Abbas r.a berkata," Rasulullah SAW berjalan cepat ketika thawaf di Ka'bah dan sa'i antara Bukit Shafa dan Marwah untuk menunjukkan kekuatannya kepada kaum musyrikin ( HR. Bukhari dan Muslim )
   
   
1) Bathn Al-Masil adalah nama lembah. Sekarang tempat itu ditandai dengan lampu hijau pada setiap ujungnya. Di tempat itulah jamaah haji/umrah berlari kecil ketika sa'i